Minggu, 26 Mei 2013

Contoh laporan PTK

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


I.     JUDUL
UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PIRING KERTAS OLEH GURU BAGI SISWA KELOMPOK B TK AN-NAHL BOJONGGEDE-BOGOR  PADA SEMESTER I TAHUN 2012/2013


II.  BIDANG KAJIAN
-       KREATIVITAS
-       MEDIA PIRING KERTAS

















KATA PENGANTAR


Bismillahirrohmaanirrohiim

Alhamdulillah Wasyukurillah,  segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH  Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan Rahmat, Hidayah, Inayah serta kemudahan dalam penyusunan Laporan Penelitaan Tindakan Kelas (PTK) dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga para sahabat serta para pengikutnya. Amma ba’du.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yang kami lakukan pada bulan Oktober s/d bulan Desember 2012  yang berlokasi di PAUD AN-NAHL desa Waringin Jaya kecamatan Bojonggede, dilaksanakan dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengajukan proposal terlebih dahulu yang berjudul “UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PIRING KERTAS BAGI SISWA KELOMPOK B PAUD AN-NAHL BOJONGGEDE-BOGOR TAHUN AJARAN 2012-2013”
Dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini tentunya tak lepas dari bantuan pihak-pihak lain, oleh karena itu pada kesempatan ini penyusun haturkan ucapan terima kasih kepada :
1. Ibu Nuraini, MPd selaku Dosen Pembimbing mata kuliah Penelitian     TindakanKelas (PTK)
2. Ibu Hj. Endang Susilowati selaku kepala sekolah Paud An-nahl.
3. Guru-guru Paud An-nahl
 4. Anak-anak murid kelompok B Paud An-nahl
5.  Teman-teman seperjuangan yang telah membantu dalam penyusunan laporan PTK ini

Penyusun menyadari akan terbatasnya pengetahuan yang kami miliki sehingga laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak. Terakhir penyusun berharap semoga laporan ini dapat menjadi berkah dan manfaat bagi kami khususnya dan kepada siapa saja yang membacanya. Semoga Allah mengabulkan dan memberi kemudahan pada kita semua. Aamin.



                                                                        Bojonggede, 27 Desember 2012


                                                                                    Penyusun












DAFTAR ISI

JUDUL
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
BAB I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
B. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
C. TUJUAN PENELITIAN
D. LINGKUP PENELITIAN
E. MANFAAT PENELITIAN

BAB II. KAJIAN PUSTAKA
BAB III. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
A. JADWAL PENELITIAN
B. BIAYA PENELITIAN
C. PERSONALIA PENELITI

BAB IV. METODOLOGI PENELITIAN
BAB V. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
BAB VI. PENUTUP
            A. KESIMPULAN
B. SARAN

LAMPIRAN-LAMPIRAN

                                                                                                           



ABSTRAK

Sebagian besar kemampuan siswa TK/PAUD dalam membentuk atau menggambar suatu binatang berkaki 4 mengalami kesulitan dalam mengembangkan kreativitasnya. Hal tersebut dialami pula oleh siswa PAUD An-nahl Kelompok B Bojonggede Bogor tahun pelajaran 2012/2013 penyebab dari kesulitan siswa PAUD An-nahl karena dalam menggambar atau membentuk binatang sangat susah dalam membentuk bagian-bagiannya, seperti bagian kepala, badan, kaki dan ekornya, selain itu juga kreativitas guru yang masih kurang sehingga belum atau tidak pernah mengajarkan kepada siswanya untuk dapat memanfaatkan media untuk membuat suatu bentuk binatang yang berkaki empat. Oleh karena itu peneliti melakukan pengamatan dengan melakukan tindakan sekaligus memberikan contoh kepada subjek cara membuat beberapa bentuk binatang dengan memanfaatkan media kardus susu bekas. Dan selanjutnya dengan menggunakan media piring kertas, hal ini diharapkan kreativitas subjek dalam membuat bentuk binatang jadi meningkat. Oleh karena itu subjek melakukan tindakan dengan menentukan metode penelitian yaitu metode penilitian tindakan kelas dan selanjutnya menentukan tindakan yang dilakukan pada dua siklus dan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dimana analisa datanya berdasarkan hasil wawancara atau observasi dan reflleksi dan kondisi awal. Siklus I dan II dan tiap siklus terdiri dari planning , acting, Observing, dan Reflecting. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pembelajaran tindakan yang mengacu kepada salah satu teori yaitu menurut Barron (1969) yang mengatakan bahwa “kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru “ maka melalui pemanfaatan media kardus bekas dilanjutkan dengan piring kertas + stick es cream dapat dihasilkan beberapa bentuk binatang yang hasil karyanya dari mulai kurang rapih dan belum serasi sampai menjadi rapih, serasi dan bentuk binatangnya yang lebih bervariatif seperti binatang Kucing, Jerapah, Gajah, Sapi, Kerbau, Kelinci, dan Kuda.



BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK) merupakan pendidikan yang menyenangkan dengan prinsip “Belajar sambil bermain, bermain seraya belajar”. Berangkat dari sinilah pembelajaran yang ada di TK harus dicermati, sehingga apa yang diharapkan, yakni agar anak-anak lebih mandiri dalam segala hal sesuai dengan kapasitas anak bisa ditercapai. Metode pengajaran yang tepat dan cermat akan mengarahkan anak-anak pada hasil yang optimal.
Oleh karena itu peningkatan dan pengembangan kreativitas sejak usia dini sangat penting sebab dapat memupuk, merangsang, dan mengembangkannya dengan cara memanfaatkan media yang ada seperti media piring kertas yang akan digunakan untuk membentuk binatang berkaki empat.
Mengapa kretivitas begitu bermakna dalam hidup? Mengapa kretivitas perlu dipupuk sejak dini dalam diri anak didik ?
1.      Karena dengan berkreasi orang dapat mewujudkan (mengaktualisasikan) dirinya, dan perwujudan/aktualisasi diri merupakan kebutuhan pokok pada tingkat tertinggi dalam hidup manusia (Maslow, 1967). Kretivitas merupakan manisfestasi dari individu yang berfungsi sepenuhnya.
2.      Kreativitas atau berpikir kreatif sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah, merupakan bentuk pemikiran yang sampai saat ini masih kurang mendapat perhatian dalam pendidikan (Guilford, 1967). Di sekolah yang terutama dilatih adalah penerimaan pengetahun ingatan, dan penalaran (berpikir logis)
3.      Bersibuk diri secara kreatif  tidak hanya bermanfaat (bagi diri pribadi dan bagi lingkungan) tetapi juga memberikan kepuasan kepada individu.
4.      Kreativitaslah yang memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya . Dalam era pembangunan ini kesejahteraan dan kejayaan masyarakat dan negara bergantung pada sumbangan kreatif, berupa ide – ide baru, penemuan – penemuan baru, dan perilaku kreatif dipupuk sejak dini.

B. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
a.    IDENTIFIKASI MASALAH
-       Mengapa kemampuan siswa TK An-nahl dalam membentuk atau menggambar suatu binatang khususnya berkaki empat, mengalami kesulitan dalam menggembangkan kreativitasnya untuk menciptakan suatu bentuk atau gambar binatang berkaki empat.

-        Karena sulitnya siswa TK An-nahl dalam membentuk atau menggambar binatang berkaki empat, maka perlu ditingkatkan dorongan oleh guru kepada siswa untuk dapat berkreasi dalam membentuk atau menggambar binatang berkaki empat.

-       Bagaimana caranya agar kreativitas anak dalam membentuk atau menggambar binatang berkaki empat muncul maka guru memberikan contoh dalam membentuk binatang berkaki empat melalui pemanfaatan media berupa piring kertas.

-       Maka yang dilakukan guru agar kreativitas anak dalam membentuk atau menggambar suatu bintang berkaki empat dapat meningkat yaitu dengan cara memberikan contoh dalam pembuatan suatu bentuk binatang berkaki empat dengan cara memanfaatkan media piring kertas untuk dibuat menjadi berbagai bentuk binatang berkaki empat.

b.    PEMBATASAN MASALAH
-       Variabel yang diteliti adalah kreativitas siswa dan media piring kertas
-       Apa yang dimaksud dengan kreativitas siswa.


c.    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang identifikasi masalah dan pembatasan masalah tersebut diatas maka diajukan rumusan masalah sebagai berikut:
-       Apakah melalui  pemanfaatan media piring kertas dapat meningkatkan kretivitas siswa TK An-nahl
-       Sejauh manakah kemandirian anak kelompok B di TK An-nahl
-       Sejauh manakah metode pembelajaran kreativitas dengan menggunakan media piring kertas siswa kelompok B di TK An-nahl dalam  meningkatan kemandiriaan anak?

d.    HIPOTESIS
-       Berdasarkan atas rumusan masalah sebagai mana diatas dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut:
Menggunakan metode unjuk kerja dengan media piring kertas dapat meningkatkan kemandirian siswa TK kelompok B di TK An-nahl Bojonggede-Bogor.

C. TUJUAN PENELITIAN
-       Diharapkan dalam penelitian ini kami dapat mengetahui sejauh mana kreativitas siswa melalui pemanfaatan media piring kertas di TK An-nahl Bojonggede-Bogor.
-       Diharapkan adanya kemandirian siswa TK kelompok B di TK An-nahl Bojonggede-bogor.
-       Diharapkan adanya kretivitas anak dengan media piring kertas dalam meningkatkan kemandirian siswa TK kelompok B di TK An-nahl Bojonggede-Bogor.





D. LINGKUP PENELITIAN
Agar dalam pembahasan ini tidak terlalu meluas maka pembahasan hanya difokuskan pada penggunaan metode unjuk kerja dengan menggunakan media piring kertas kaitannya dengan kemandirian siswa TK kelompok B. Penelitian ini dilakukan di TK An-nahl Bojonggede-Bogor.


E. MANFAAT PENELITIAN
-       Secara teoritis kegunaan penelitian ini dapat memperbanyak atau memperkaya tentang variasi metode unjuk kerja dengan penggunaan media piring kertas dibidang pengembangan kemampuan kreativitas di TK.

-       Bisa dipergunakan sebagai bahan pertimbangan bagi para pengajar dalam rangka untuk memberikan variasi pengajaran agar tidak menjenuhkan.

-        Adapun manfaat untuk sekolah dapat menjadi suatu media untuk memperkenalkan kepada anak tentang macam-macam binatang dan dapat didisplay agar memberitahukan dan memperlihatkan kepada khalayak tentang kreativitas siswa dalam membentuk binatang berkaki empat dengan menggunakan media piring kertas.

-       Manfaat untuk Guru yaitu lebih mudah mengajarkan kepada siswa dengan media piring kertas karena mudah didapat dan mudah dibuat bentuk-bentuk bintang berkaki empat, yang tidak sering dijumpai siswa. Dengan membuat kreativitas ini guru bisa memperlihatkan kepada anak-anak bagaimana cara
membuat kreativitas tersebut secara langsung dapat dilihat siswa.

-       Manfaat bagi siswa yaitu siswa merasa senang dalam kegiatan pembelajaran disekolah karena dapat membuat kretivitas binatang berkaki empat dengan menggunakan media piring kertas dengan mandiri. Dan siswa juga menjadi mudah paham dan mengerti, karena langsung melihat media yang dibuat oleh guru.



















BAB II
KAJIAN PUSTAKA

1.      Landasan Teori

a.       Kreativitas
Teori Rogers menekankan (1962) bahwa sumber dari kreativitas adalah kecenderungan untuk mengaktualisasi diri, mewujudkan potensi, dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, kecendrungan untuk mengekspresikan dan mengaktifkan semua kemampuan organisme.

Teori Clark Moustakis ( 1967 ), psikolog humanistik lain yang terkemuka, menyatakan bahwa kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam, dan dengan orang lain.

Teori Rhodes (1961) dalam isaksen (1987) dalam menganalisis lebih dari 40 definisi tentang kreativitas, menyimpulkan bahwa pada umumnya kreativitas dirumuskan dalam istilah  Pribadi ( Person ), Proses dan Produk. Kreatifitas dapat pula ditinjau dari kondisi pribadi dan lingkungan yang mendorong (press) individu ke perilaku kreativ. Rhodes menyebut ke empat jenis definisi tentang kreativitas ini sebagai “Four P’s of creativity: Person, Process, Press, Product”
Definisi tentang kreativitas berdasarkan Empat P menurut para pakar:
-       Definisi Pribadi, Menurut Hulbeck (1945) “ Tindakan kreativ muncul dari keunikan keseluruhan kepribadian dalam interaksi dengan lingkungannya”
-       Definisi Proses, menurut Torrance (1988) ini meliputi seluruh proses kreatif dan ilmiah mulai dari menemukan masalah sampai dengan menyampaikan hasil.
-       Definisi Produk, menurut Barron (1969) yang menyatakan bahwa “ kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru”.
-       Definisi Press (dorongan), menurut Simpson (dalam Vernon, 1982) merujuk pada aspek dorongan internal, yaitu kemampuan kreatif dirumuskan sebagai “ the initiative that one manifests by his power to break away from the usual sequence of thought”. Mengenai Press dari lingkungan , ada lingkungan yang tidak menghargai imanjinasi atau fantasi, dan menekankan kreativitas dan inovasi.


b.      Media
Kata media berasal dari bahasa Latin Medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara atau pengantar. Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Dikemukakan oleh para ahli yang sebagian diberikan berikut ini
Henich dkk, (1982) Mengemukakan istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima jadi seperti, televisi, film, foto, radio, rekaman audio, gambar yang diproyeksikan, bahan,bahan cetakan, dan jenisnya adalah media komunikasi.
Hamidjojo dalam Latuheru (1993) memberi batasan media sebagai semua bentuk perantara yang di gunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju.
Webster (1983:105) “ art “ adalah keterampilan (skill) yang diperoleh lewat pengalaman, study dan observasi.



c.       Media Piring Kertas
Merupakan alat kreativitas  yang digunakan dalam pembelajaran untuk membuat bentuk – bentuk binatang berkaki empat dengan piring dari kertas yang di buat berupa kepala, badan binatang berkaki empat.



















BAB III
RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN

a.    Rencana Penelitian
1.      Subjek Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B PAUD An-Nahl Bojonggede Bogor dengan jumlah 38 anak.
Pertimbangan penulis mengambil subjek penelitian tersebut dimana siswa kelompok B telah mampu dan memiliki kemandirian dalam membuat kreativitas menggunakan media piring kertas untuk membuat bentuk-bentuk binatang berkaki empat.
2.      Tempat Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di PAUD An-Nahl Bojonggede Bogor, Peneliti mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolh tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subjek penelitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
3.      Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama satu minggu di bulan November. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester I tahun pelajaran 2012/2013.



4.      Lama Tindakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan November, mula dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.


b. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1.      Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran, latihan soal, pembahasan latihan soal, tugas pekerjaan rumah( kegiatan penelitian utama ) pembahasan PP, ulangan harian.
2.      Tindakan ( Action )/ Kegiatan mencakup
a.       Siklus I , meliputi : Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup,
b.      Siklus II, ( sama dengan I )
c.       Siklus III, ( sama dengan I dan II )

3.      Refleksi, dimana perlu adanya pembahasan antar siklus-siklus tersebut untuk menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian.

A.  JADWAL PENELITIAN
NO
KEGIATAN
MINGGU KE
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan












2
Proses pembelajaran












3
Evaluasi












4
Pengumpulan data












5
Analisis data












6
Penyusunan hasil












7
Pelaporan hasil













B. BIAYA PENELITIAN
Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab kami sebagai peneliti, adapun biaya tersebut adalah :
1.      Print naskah sebanyak 15 lbr x @Rp.1.000,-                            =Rp. 15.000,-
2.      Foto Copy Naskah 15 lbr x 4 = 60 lbr x @Rp. 200,-               =Rp. 12.000,-
3.      Jilid Naskah 4 x @Rp. 3.000,-                                                 =Rp. 12.000,-
4.      Lain-lain                                                                                   =Rp. 50.000,-
JUMLAH                                                                                 =Rp. 89.000.-

C. PERSONALIA PENELITI
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti, Identitas dari tim tersebut adalah :
1.      Nama                                       : Sarinah
NIM                                        : 5071010109521
Pekerjaan                                 : Tutor PAUD Cahaya Ilmu
Tugas dalam penelitian  : Pengetikan Proposal PTK dan penyusunan data

2.      Nama                                       : Nyimasri
NIM                                        : 5071010109516
Pekerjaan                                 : Tutor TK Islam Al-Aisyah
Tugas dalam penelitian  : Pengumpulan dan analisis data

3.      Nama                                       : Farikhah
NIM                                        :
Pekerjaan                                 : Tutor TKQ Nurul Falah
Tugas dalam penelitian  : Pengumpulan dan analisis data

4.      Nama                                       : Endang Susilowati
NIM                                        : 5071010109490
Pekerjaan                                 : Tutor PAUD An-Nahl
Tugas dalam penelitian  : Peneliti objek secara langsung



BAB IV
METOLOGI PENELITIAN


A. Setting Penelitian

1. Waktu Penelitian
            Penelitian yang kami lakukan dimulai dari awal bulan November, dari mulai persiapan penyusunan proposal, penyusunan instrument, diantaranya kami melakukan Observasi, wawancara serata mencari dokumen atau arsip yang mendukung penelitian kami sampai menganalisa dan pembahasan dari laporan ini, sampai diakhiri bulan Desember.

2. Tempat Penelitian
            a. kami melakukan penelitian di PAUD An- Nahl Bojonggede kelompok B tahun pelajaran 2012/2013.

            b. Peneliti mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data peluang waktu yang luas, dan subjek penelitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.

B. Subjek Penelitian
            Subjek penelitiannya adalah siswa kelompok B PAUD An-nahl Bojonggede dengan jumlah siswa 38 anak, namun kami mengambil sampling dari 1 kelas kelompok B1 nya saja yang berjumlah 13 siswa terdiri dari  siswa perempuan dan    siswa laki-laki .
Adapun latar belakang dari orang tua para siswa tersebut dari kalangan ekonomi menegah kebawah.




C. Sumber Data
            Data diperoleh dari pengamatan dan hasil unjuk kerja berupa pembuatan beberapa binatang dengan mengunakan media kardus bekas dan piring kertas. Serta wawancara dengan subjek dan arsip yang didapatkan pada saat melakukan penelitian.
Tahap tindakan pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu yang masing-masing siklus meliputi empat tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refklesi.

Deskripsi Kondisi Awal
            Kegiatan awal dari penelitian ini adalah menanyakan kepada siswa kelompok B PAUD Annahl apakah anak-anak sebelumnya sudah pernah membentuk suatu bentuk binatang melalui beberapa media ?, hampir semua anak-anak menjawab belum pernah dan anak pun mengatakan susah bu, selain itu kami juga menanyakan langsung kepada gurunya, apakah ibu guru sudah pernah mangajarkan anak-anak untuk membuat bentuk binatang dengan berbagai media, guru itupun menjawab diantaranya:
1. karena terbatasnya waktu yang disediakan
2. karena terbatasnya danauntuk menciptakan suatu kreativitas
3. materinya kurang menguasai













SIKLUS 1
Maka kami pun menanyakan pada anak-anak untuk bersama-sama membuat bentuk-bentuk binatang.

Langkah Awal Penelitian
Right Arrow: Kreativitas guru yang masih kurang
Right Arrow: Terbatasnya dana untuk menciptakan kreativitas bentukUp Arrow: Tidak cukupnya waktu yang tersediaUp Arrow: Siswa belum pernah diajarkan membentuk binatang dengan media piring kertasOctagon: Rendahnya Kreativitas siswa dalam membuat bentuk Binatang
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       


























Oval: Siswa/yg diteliti:
Kreativitas membuat bentuk binatang rendah

Flowchart: Decision: KONDISI
AWAL
Rounded Rectangle: Guru/Peneliti
Belum memberikan contoh cara membuat suatu bentuk binatang


 
Rounded Rectangle: Diduga melalui pemanfaatan media piring kertas dapat meningkatkan kreativitas siswaOval: Memanfaat
kan media piring kertas + stick es cream yg dipraktekan guru, siswa mempraktekan
Flowchart: Decision: KONDISI
AKHIR
Flowchart: Decision: TINDAKAN
Rounded Rectangle: Memanfaatkan media piring kertas untuk kreativitas beberapa bentuk binatangOval: Memanfaat
kan media kertas susu bekas yg di praktekan guru,siswa mencobanya
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             SIKLUS I                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 




D. Teknik Pengumpulan Data
Berupa metode unjuk kerja, maka teknik pengumpulan data nya adalah: Data dikumpulkan melalui tindakan pengamatan, pelaksanaan pembuatan bentuk binatang dengan media kardus susu bekas, serta diulang kembali pembuatannya dengan menggunakan media piring kertas dan stick es cream

E. Analisa Data
            Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif maka analisa datanya berdasarkan hasil wawancara /observasi dan refleksi dari kondisi awal, siklus I dan II.


BAB V
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Deskripsi Kondisi Awal

B. Deskripsi Hasil Siklus I
           
            1. Perencanaan Tindakan

a. Apersepsi
            Kami menanyakan langsung kepada subjek macam-macam binatang khusus yang berkaki empat, pernah dilihat dimana?, apakah melalui TV?, gambar ataukah langsung ketempat rekreasi binatang?, subjek menjawabpun menjawab ada yang pernah keragunan, nonton TV, ataupun melihat melalui gambar.

b. Kegiatan Inti
            Kemudian peneliti masuk ke kegiatan inti dengan cara menjelaskan kepada subjek tentang cara membuat kreativitas suatu bentuk binatang dari media kardus susu bekas.
Dengan cara mempraktekan salah satu bentuk binatang (contoh kuda) dari awal sampai akhir. Dan selanjutnya subjek di persilahkan untuk mencontoh peneliti, subjek diberi kebebasan untuk memilih dahulu bentuk binatang apa yang akan mereka buat.

            2. Pelaksanaan Tindakan

            Perencanaan tindakan yang dilakukan subjek dari mulai membawa kardus susu bekas, yang awalnya sudah disediakan seperti kardus bekas peneliti juga menyediakan peralatan yang lain seperti gunting, lem kertas, kertas Origami dan pensil, serta bentuk lingkaran (kaset CD). Proses yang dilakukan subjek dari mulai menjiplak bentuk lingkaran sebesar kaset CD, selanjutnya digunting dan bentuk lingkarannya kemudian dilipat dua yang bergambar berada didalam bentuk lingkaran tersebut yang nantinya dijadikan sebagai badan binatang.
Selanjutnya menjiplak contoh kepala binatang dengan menggunakan kertas origami yang dirangkap/dilipat selanjutnya digunting, setelah itu subjek mengunting kertas Origami kembali untuk dibentuk sebagai ekornya, dan selanjutnya menggunting kardus bentuk persegi panjang sebanyak 4 guntingan yang nantinya akan dijadikan sebagai kaki-kakinya. Setelah semuanya terbentuk lalu subjek menggabungkan bagian-bagiannya seperti kepala, badan , ekor dan kaki-kakinya, dengan cara diberi lem kertas (fox) jika sudah terpasang semuanya maka diusahan agar bentuk binatangnya dapat didirikan, (dengan keempat kakinya).

            3. Pengamatan Tindakan

            a. Proses Pembelajaran
Dari proses pembuatan bentuk binatang yang peneliti amati, hampir semua subjek memahami cara membuatnya hanya ada beberapa subjek yang masih kurang memahami, dan dari pengamatan tersebut dapat dilihat dari cara subjek dalam hal menggunting menjiplak dan memberi lem tentu berbeda-beda antara subjek yang satu dengan subjek yang lain. Adapun subjek yang sudah mampu dalam menggunting , menjiplak dan memberi lem tentu hasilnya lebih rapih dibandingkan subjek yang belum mampu. Dari pengamatan peneliti berikut beberapa anak dengan inisialnya yang belum dan sudah mampu dalam melakukan kegiatan tersebut ( dalam hal ini kerapihan dan  jumlah bentuk binatang dari mulai kegiatan awal sampai akhir dengan waktu yang dibatasi ).

            b. Hasil Pembelajaran
Berikut ini perbandingan beberapa subjek dalam hasil bentuk binatang yang sudah dibuatnya.

HASIL PEMBELAJARAN

subjek
Menjiplak &
Menggunting
Memberi
lem
Keserasiaan
Ekor + kaki
Bentuk binatang yg di
Buat
Rapih
Tdk
rapih
benar
Tdk
benar
Serasi
Tdk
serasi
binatang
jumlah
penilaian
ST

V
V

V

Kelinci
2
B
V


V

V
Kuda

C
CT
V

V


V
Gajah
2
C

V

V

V
Banteng

C
RN

V

V

V

Banteng
2
B
V


V

V
Kucing

C
RH
V


V
V

Kucing
2
B

V

V

V
Gajah

C
LI
V


V

V
Kelinci
2
C

V
V


V
Banteng

C
RF
V


V

V
Gajah
2
C
V


V

V
Banteng

C
AZ

V

V

V
Banteng
1
C









DM
V


V

V
Kucing
1
C



V

V



SR

V

V


Kelinci
1
C









SL



V

V
Gajah
2
C

V

V

V
Kucing

C
KY
V
V

V

V
Kucing
1
C









   





REFLEKSI

Membandingkan dari kondisi awal dan Siklus I

a. Refleksi Proses Pembelajaran
            Dari pengamatan peneliti terhadap subjek yang melakukan tindakan maka subjek sedikit banyak dapat memahami cara pembuatan kreativitas melalui kardus susu bekas yang sebelumnya bertanya-tanya (subjek kebingungan) apakah bisa dari kardus bekas susu dapat dibentuk beberapa ekor binatang setelah diberikan penjelasan  dan contoh cara membuatnya, subjek merasa percaya diri kalau dapat mengerjakannya. Selain itu juga karena motivasi dari penelitinya yang terjun secara langsung dengan menyanyikan lagu spirit ( manjadda wajadda ) siapa bersungguh-sungguh pasti bisa. Maka subjekpun selama proses pembuatannya merasa enjoy, nyaman dan ada seorang subjek yang merasa gugup namun alhamdulillah akhirnya dapat menyelesaikannya juga.

b. Refleksi Hasil Pembelajaran
            Dari hasil pengamatan tentang hasil yang di capai dari pembuatan beberapa binatang dengan menggunakan media kardus susu bekas maka hasilnya dan pembuatan jenis binatang yang pertama masih dikatakan belum rapih ( masih mengalami beberapa kesulitan) dari mulai menjiplak, menggunting mengelem, dan pembuatan ekornya, serta membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menyelesaikannya. Namun setelah membentuk binatang yang kedua nampak lebih cepat waktunya namun masih ada juga yang belum rapih hasilnya, dengan demikian secara umum dibandingkan kondisi awal dengan siklus I (tindakan) sudah ada perbedaan dari yang belum tahu menjadi tahu kalau dapat di bentuk binatang dari kardus susu bekas.






DESKRIPSI SIKLUS II

1. Perencanaan Tindakan
            a. Apersepsi
Peneliti mengingatkan kembali kegiatan apa yang minggu lalu telah dikerjakan oleh para subjek, dan dengan menggunakan media apa, lalu subjek pun menjawabnya yaitu membuat beberapa bentuk binatang dengan media kardus susu bekas yang sudah subjek persiapkan dari rumah.

            b. Kegiatan Inti
Kemudian peneliti masuk kekegiatan inti dengan cara membuat beberapa bentuk binatang  dengan menggunakan piring kertas dan stick es cream.
Dengan cara mempraktekan salah satu bentuk binatang (contoh kerbau) dari awal sampai akhir dan selanjutnya sama seperti siklus I subjek dipersilahkan  untuk membuat bentuk binatang yang sudah dicontohkan peneliti. Subjek diberi kebebasan untuk memilih binatang apa saja yang akan subjek buat/bentuk.

2. Pelaksanaan tindakan
            Perencanaan tindakan yang dilakukan oleh peneliti pada siklus II ini yaitu menyiapkan bahan-bahan ysng diperlukan diantaranya piring kertas, stick es cream, sendok es cream, kertas nasi, lem fox, gunting, isolasi, dan spidol.
Proses yang dilakukan yaitu dimulai dari menjiplak master kepala binatang dengan spidol, lalu digunting, selanjutnya piring kertas langsung dilipat 2 bagian yang warna/gambar berada didalam, bagian ini nantinya dijadikan sebagai badan binatang  selanjutnya memasangkan  ke empat stick es cream, sesuai dengan bentuk kaki binatang tersebut, lalu dibuatlah bentuk ekornya, jika sudah ada bagian-bagian tersebut (kepala+ekor) maka tinggal memasangkan bagian-bagian tersebut.dengan cara diberi lem fox, lalu sesuai dengan bentuk tubuh kondisi binatang tersebut, digambarlah motif-motifnya (misal jerapah, sapi) bagian tubuh terdapat motif-motif sehingga nampak jelas dalam membedakan binatang apakah ini?.

3. Pengamatan tindakan
            a. Proses pembelajaran
Proses pembelajaran pada siklus II ini peneliti dapat mengamati adanya beberapa perubahan yang dialami oleh subjek dalam melakukan kegiatan tersebut, Karena pada siklus II ini peneliti sudah menyiapkan bagian-bagian dari binatang tersebut (badan+kaki) yang mengunakan piring kertas dan stick es cream, sehingga subjek tidak perlu lagi menggunting-gunting bagian tersebut yang berbeda dari yang sebelumnya, sehingga waktu yang dibutuhkan pun relative lebih singkat, dan hasilnya pun terlihat lebih rapih.

            b. Hasil pembelajaran
Berikut table hasil pembelajaran beberapa subjek dalam bentuk binatang yang sudah dibuatnya pada siklus II

subjek
Menjiplak &
Menggunting
Memberi
lem
Keserasiaan
Ekor + kaki
Bentuk binatang yg di
Buat
Rapih
Tdk
rapih
benar
Tdk
benar
Serasi
Tdk
serasi
binatang
jumlah
penilaian
ST
V

V

V

Sapi

B
V


V
V

Kucing

B
CT
V


V

V
Sapi

C
V

V

V

Jerapah

B
RN

V

V

V

Kerbau

B
V

V

V

Kucing

B
RH
V


V
V

Kerbau

C









LI
V

V

V

Kerbau

C









RF
V

V

V

Jerapah

B
V

V

V

Kucing

B
AZ

V

V
V

Kucing

C









DM
V

V

V

Kucing

B









SR
V



V

Sapi

B









SL

V

V
V

Jerapah

C

V
V

V

Sapi

B
KY
V

V

V

Jerapah

B









REFLEKSI

Membandingkan dari Siklus I dan Siklus II
a. Refleksi Proses Pembelajar
            Dari pengamatan siklus II terdapat subjek yang melakukan tindakan maka peneliti menyimpulkan kalau subjek sudah lebih memahami cara membuatnya dan cepat, rapih dalam mengerjakannya, dan pada siklus II ini alhamdullah subjek tampak siap untuik mengerjakannya dan tidak terdapat subjek yang merasa gugup lagi serta semuanya enjoy dalam menyelesaikannya.

b. Refleksi Hasil Pembelajaran
            Dan hasil pengamatan yang dilakukan maka peneliti merefleksi dibandingkan dengan siklus I pada siklus II ini hasil pembelajarannya, dapat dilihat dari table hasil pembelajaran siklus I dan II yang mana pada siklus II hampir 80 % dari jumlah subjek yang diamati mendapat nilai bagus (B) serta hasil karyanya lebih rapih dan serasi dengan bentuk binatangnya  yang lebih bervariatif seperti binatang Kucing, Gajah, Kerbau, Kelinci dan Kuda.













           
BAB VI
PENUTUP

A. Kesimpulan
Dengan diadakannya tugas mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan serta sebagai ajang pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengembangkan segala potensi dan kemampuannya untuk dapat mengatasi segala masalah yang dihadapi guru serta anak-anak dalam mengembangkan kreativitasnya untuk membentuk atau menggambar suatu binatang berkaki empat (4) dengan memanfaatkan media barang bekas berupa kardus atau pun piring kertas.
Penelitian yang kami lakukan di Paud An-nahl mendapat sambutan yang luar biasa, dikarenakan guru ataupun anak-anak diPaud An-nahl belum dan tidak pernah memanfaatkan media barang bekas berupa kardus ataupun piring kertas. Yang akan dijadikan kreativitas sesuatu yang menarik bagi anak-anak yaitu berupa bentuk-bentuk binatang berkaki 4.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dimana analisa datanya berdasarkan hasil wawancara, observasi serta refleksi dari kondisi awal siklus I dan II, dan tiap-tiap siklus terdiri dari planning, acting, observing, dan reflecting.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pembelajaran tindakan yang mengacu kepada salah satu teori yaitu menurut Barron (1969) yang mengatakan bahwa “kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru “ maka melalui pemanfaatan media kardus bekas dilanjutkan dengan piring kertas + stick es cream dapat dihasilkan beberapa bentuk binatang yang hasil karyanya dari mulai kurang rapih dan belum serasi sampai menjadi rapih, serasi dan bentuk binatangnya yang lebih bervariatif seperti binatang Kucing, Jerapah, Gajah, Sapi, Kerbau, Kelinci, dan Kuda.






B. Saran

Dengan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) , yaitu dengan terjun langsung dalam kegiatan pembelajaran dalam mengaplikasikan lmu-ilmu yang sudah didapat untuk
Memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas kegiatan dan hasil belajar mengajar agar lebih baik lagi dan berhasil dengan optimal. Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai peserta peneliti, STIT Insida, guru, anak-anak serta lingkungan sekolah.
1. Bagi Mahasiswa
    Membangun team yang solid dengan membangun komunikasi yang sehat sesama teman dalam kelompok dan orang lain serta selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam kegiatan penelitian yang kami lakukan agar semua tujuan dapat berhasil dengan optimal.

2. Bagi STIT Insida
a. Dalam pembekalan kepada peserta hendaknya lebih terperinci, dan memberikan waktu untuk dapat observasi tempat PTK agar lebih mengenal tentang situasi dan kondisi social budaya, kebiasaan, daya serap anak-anak didik, serta apa yang dibutuhkan lingkungan sekolah sehingga lebih terarah akan tujuan penelitian ini dilaksanakan.
b. Peran dan fungsi dosen pembimbing agar lebih baik lagi sehingga pelaksanaan PTK lebih terarah.

3. Bagi guru dan lingkungan sekolah
Diharapkan agar ada kemajuan dari kretivitas yang sudah diberikan agar lebih ditingkatkan lagi  supaya pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak lebih menarik dengan memanfaatkan barang –barang bekas yang ada agar kedepannya sekolah akan lebih maju lagidengan kretivitas yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar